MENGENAL BERBAGAI JENIS BUMBU MASAKAN JEPANG

 



MENGENAL BERBAGAI JENIS BUMBU MASAKAN JEPANG

Halo apakabar Sahabat Kumpulan Resep. Masakan jepang memang memiliki banyak bumbu-bumbu yang sangat unik. Keunikan rasa yang khas dari masakan Jepang tentu tidak dapat terlepas dari bumbu rahasia yang terdapat di dalamnya. masakan Jepang memang memiliki bumbu khas yang tidak begitu rumit dengan cara pembuatannya yang terlihat mudah dan sederhana. Ya, orang Jepang memang dikenal sangat tidak suka membuang-buang waktu sehingga dalam hal memasak pun mereka lebih menyukai masakan yang praktis dan cepat saji. Berikut macam-macam bumbu Jepang yang sering di pakai


DASHI

Kaldu asal Jepang yang kini dijual instan dalam bentuk bubuk. Aslinya terbuat dari KONBU (rumput laut Jepang) dan KATSUOBUSHI (remahan ikan Bonito atau Bonito flake).


KONBU atau KELP

Bahan dasar pembuatan kaldu Jepang, terbuat dari sejenis rumput laut. Bentuknya tipis, berwarna hijau tua dengan sedikit serbuk putih di permukaannya. Dijual dalam kemasan plastik.


SESAME OIL

Sesame oil atau minyak wijen adalah minyak yang diekstraksi dari biji wijen. Tekstur dari sesame oil ini kental seperti minyak dengan warna kuning yang bening hingga kuning gelap. Aroma wijennya kuat, sedangkan rasanya sendiri khas biji wijen yang akan menyumbangkan citarasa khas seperti terbakar atay gosong.


DAIKON

Lobak putih segar, bisa dimakan mentah atau dimasak sebagai sup. Sering digunakan sebagai  penawar rasa untuk makanan berminyak.


SHOYU

Kecap yang terbuat dari kedelai, gandum dan garam. Sering dipakai dalam olahan makanan Jepang. Di meja makan biasanya tersedia USUKUCHI SHOYU (kecap yang lebih light). Sedangkan untuk memasak digunakan KOIKUCHI SHOYU (kecap kental dan asin).


SAKE

Minuman dari hasil fermentasi beras, rasanya tawar. Berwarna bening kekuningan, beraroma tajam dan berkadar alkohol 14-17%, sering dipakai dlm pembuatan makanan Jepang. Dijual dalam kemasan botol.


MIRIN

Sake manis untuk masakan. Bentuknya cair, warnanya bening coklat kekuningan. Biasanya digunakan untuk masakan ungkep, campuran saus dan olesan Yakitori. Dijual dalam kemasan botol.


WASABI

Wasabi yang asli diparut dari akar tanaman wasabi (lobak Jepang yg berwarna kehijauan).

Yang siap pakai dijual dalam bentuk pasta atau bubuk yang harus dilarutkan dengan air sebelum dipakai. Warnanya hijau dengan  rasa pedas. Wasabi digunakan dalam jumlah sedikit sebagai pelengkap hidangan Shusi atau bumbu saus Sashimi, seperti orang Indonesia menggunakan sambal.


NORI

Rumput laut yang dikeringkan hingga berupa lembaran tipis berwarna hijau tua kehitaman. Digunakan untuk membungkus atau menggulung Sushi, atau taburan pada masakan berkuah.


TOFU

Adalah tahu khas Jepang yg sangat lembut dan cenderung rapuh, seperti umumnya tahu bahan dasarnya kedelai.


ABURAGE

Tahu Jepang yANg digoreng kering dan diiris tipis seperti kertas, berwarna coklat dan berbentuk segi empat atau bujur sangkar. Dijual dalam bentuk segar atau beku.


RAYU

Rayu adalah minyak merah pedas yang selalu disajikan di toko ramen atau di mana saja yang menyajikan gyoza.


OGURA

Es krim yang terbuat dari kacang merah


TERIYAKI

Adalah daging panggang khas Jepang


TERIYAKI SAUCE

Saus khas Jepang yang terbuat daru kecap asin, jahe, kaldu dan mirin. Berwarna coklat kehitaman. Dapat dibuat sendiri dg mencampur : 4 sdm kecap asin, 2 sdm gula pasir, 1/4 sdt jahe parut, 1 sdm sake dan  6 sdm mirin.


MISO

Bumbu khas Jepang yang terbuat dari campuran kacang kedelai dengan beras atau barley yang difermentasi. Yang rasanya tawar berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan yang manis berwarna kuning pucat, atau yang berwarna merah kehitaman.


KARASHI

Karashi adalah mustard kuning pedas Jepang, lebih pedas dari mustard Inggris. Tidak ditambahkan cuka dalam pembuatannya sehingga tidak ada sisa rasa asam saat dimakan. Anda bisa menambahkan air untuk membuatnya menjadi bentuk pasta. Dijual dalam kemasan tabung atau bubuk. Biasanya disajikan dengan oden, dan beberapa dumpling, serta untuk menambahkan cita rasa pada saus.


PONZU

Ponzu pada dasarnya adalah jus jeruk. Saus asam yang dibuat dengan mencampurkan jus jeruk dan shoyu serta bahan lainnya disebut ponzu shoyu atau saus ponzu. Saus jeruk paling umum digunakan untuk daging atau ikan bakar, tetapi juga sering digunakan untuk sashimi atau hidangan hot pot seperti shabushabu.


WAKAME

Sejenis rumput laut, bila sudah direndam akan menjadi sagat lunak. Dijual dalam kemasan plastik dalam bentuk kering, utuh atau potongan.


BENI SHOGA

Adalah acar jahe khas Jepang, berwarna merah.


TEMPURA

Gorengan khas Jepang yg menggunakan tepung khusus yang

ringan dan renyah.


UDON

Adalah mie yang tebal terbuat dari terigu, lebih tebal dari Soba dan Ramen. Udon bisa disajikan dingin maupun panas dengan beragam topping sepeti Tempura.


SOBA

Adalah mie Jepang yang terbuat dari tepung sejenis gandum. Ada yang segar dan ada yang kering. Untuk Yang kering dijual dalam bentuk spt lidi dengan 3 pilihan warna, yaitu hijau, kuning dan coklat.


Komentar